Windows 11 Menyisakan Kenangan Manis Bersama Android

Windows 11 Akhir Dukungan untuk Aplikasi Android dan Game


Windows 11 Menyisakan Kenangan Manis Bersama Android

Windows 11, satu-satunya tempat di mana kita dapat menggenggam dunia aplikasi Android dan game dengan sistem Windows Subsystem for Android (WSA) dan toko aplikasi Amazon Appstore. Namun, sayangnya, Microsoft telah mengumumkan pemberhentian dukungan untuk kedua sistem tersebut, memberi kita tenggat waktu untuk merayakan kenangan indah hingga tahun depan.

Berpisah dengan WSA: Hanya Sisa Kenangan

Pada 5 Maret 2025, Microsoft akan mengakhiri perjalanan WSA. Artinya, setelah tanggal tersebut, pengguna Windows 11 tidak lagi dapat merasakan kehadiran hangat aplikasi dan game Android di PC mereka.

Microsoft menutup tirai untuk Windows Subsystem for Android (WSA), begitu tertulis dalam dokumen dukungan terbaru mereka, seperti dilaporkan oleh The Verge, Jumat (7/3/2024).

Akibatnya, Amazon Appstore di Windows dan seluruh ekosistem aplikasi dan game yang bergantung pada WSA akan kehilangan tempat dukungan mulai tanggal 5 Maret 2025, mereka melanjutkan.

Pelukan Terakhir dengan Amazon Appstore

Pengguna Windows 11 masih bisa merangkul kenangan manis dengan menggunakan aplikasi Android yang sudah diunduh melalui Amazon Appstore hingga 5 Maret 2025. Para pengembang juga masih memiliki kesempatan untuk merilis pembaruan untuk aplikasi yang ada di Amazon Appstore hingga batas waktu yang ditentukan.

Mulai 6 Maret 2024, pengguna Windows 11 tidak lagi dapat mencari dan mengunduh Amazon Appstore atau aplikasi terkait lainnya melalui Microsoft Store. Para pengembang juga tidak bisa lagi mendaftarkan aplikasi baru di Amazon Appstore setelah 5 Maret 2024.

Sebuah Perpisahan yang Menyakitkan

Dalam perbincangan dengan Engadget, juru bicara Microsoft menyatakan bahwa dukungan untuk WSA dihentikan untuk menjawab kebutuhan pelanggan yang terus berubah. Padahal, dukungan untuk aplikasi Android adalah salah satu keunggulan Windows 11 saat pertama kali diluncurkan tiga tahun yang lalu.

Alternatif Tetap Ada

Meskipun dukungan untuk WSA diakhiri, ini bukan akhir dari segalanya. Pengguna tetap memiliki sejumlah alternatif, seperti Waydroid dan BlueStacks, untuk tetap merasakan kehangatan aplikasi Android di lingkungan Windows 11 mereka.

Walau kita harus melepaskan pelukan WSA dan Amazon Appstore, kita masih bisa melangkah maju dengan kenangan manis itu dan menemukan cara baru untuk menjalankan aplikasi Android di Windows 11 kita. Semua itu sebagai bagian dari perjalanan yang tidak terduga di dunia digital yang terus berubah.
LihatTutupKomentar